Sunday 21 July 2013

Istilah Dalam Dunia Online Shopping

picture



Yak~ Nggak ada kerjaan nih. Hm, nggak tau kenapa pengen bikin catatan tentang online shopping.

Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka yang nyaman di depan
komputer. (sumber)

Jadi, online shop adalah tempatnya belanja dengan sistem online via internet. Online shop biasanya disingkat dengan olshop. =)

Bagi sebagian orang, mungkin udah paham istilah-istilah berikut, tapi nggak apa-apa deh. Siapa tahu masih ada yang belum tahu. xD

Langsung aja, yuk coba cari tahu beberapa istilah dalam online shopping!

1. Seller. Seller atau dalam bahasa Indonesianya adalah penjual. Mereka ini adalah para pemilik online shop.

2. Buyer. Ini adalah sebutan untuk para pembeli.

3. Customer. Sama dengan buyer, ini adalah sebutan untuk para pembeli.

4. TF. Yakin nggak yakin sih. Tapi ini merujuk pada transfer  yag memiliki maksud pengiriman uang. "gan, barusan tf ke rek. Bank Blogger."

5. Price Police. Lin udah nyoba cari tahu sana sini, tapi nggak ada arti paten untuk ini. Hanya saja bisa menarik kesimpulan, price police adalah istilah untuk perilaku yang membandingkan harga yang diberikan oleh penjual dengan barang dagangan orang lain, dan menyebutkan harganya/bahkan malah menyebutkan harga produksi.
"Kok mahal sih, gan? Di toko A aja cuma 25.000, ini masa 40.000?"

6. Ready stock. Ini artinya ada persediaan. Jadi, barang yang dijual ada di tangan penjual. Jika transaksi mencapai kata sepakat, maka barang bisa langsung dikirim. Beda dengan PO. Apa itu PO?

7. PO. PO adalah singkatan dari Pre Order. Ini adalah sistem yang banyak dipakai oleh mereka yang menjual barang impor, atau custom. Jadi, barang baru akan dipesankan atau diproduksi setelah jadwal PO berakhir, dan dikirim setelah barang jadi.

8. Restock. Istilah ini berbeda dengan ready stock yah. Restock artinya barang ini ada lagi persediannya, setelah mengalami out of stock. Uh? Apa lagi itu out of stock?

9. Out of Stock.  Istilah untuk keadaan barang yang habis persediannya di tangan penjual atau supplier. Supplier apa lagi nih artinya?

10. Supplier adalah sebutan untuk orang yang memberikan pasokan barang pada para penjual. =) Mereka adalah tangan pertama dalam rantai penjualan.

11. Reseller. Hayo, udah tahu kan ini sebutan untuk siapa? Ini biasanya sebutan untuk penjual yang menjualkan barang rang lain, bukan dari supplier. :) Biasanya tangan ke-3 dst. Setelah membeli barang yang biassanya diberi diskon khusus untuk reseller, mereka akan menjualnya kembali.
Lho? sama aja dong sengan seller? Ya, cuma bedanya reseller itu membeli barang dalam jumlah yang kecil. Kalau seller biasanya besar, karena pihak supplier  menjual dalam jumlah banyak.

12. Dropship. Kapal jatuh? Bukaan. Ini istilah buat mereka yang menjadi reseller, tapi barangnya tidak ada di tangan reseller. Pada sistem dropship, pihak ke 2 akan menjualkan barang pihak pertama pada pihak ke-3, namun, setelah mencapai kata sepakat, barang akan langsung dikirm ke pihak-3 tanpa melalui pihak ke-2, tapi, atas nama pihak ke-2 ngirimnya. =)

misalnya, Ani menjualkan barang Santi pada Cahya. Nah, Santi akan mengirimkan barang yang dipesan oleh Cahya langsung, tapi atas nama Ani.

13.  SOLD.  Ya, artinya habis. hehe. Habis terjual.

14. Trusted. Tahu dong ya? artinya ya terpercaya. Jadi, yang jual ini bisa dipercaya. Kan ada tuh yang khawatir penipuan. :) Nah, trusted seller biasanya punya testimonial asli dari para pelanggannya. Eh? Apa sih testimonial?

15. Testimonial. Biasanya disingkat testi, adalah istilah untuk pesan dan kesan dari pelangganya. Ini biasanya dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli bahwa mereka adalah trusted seller.  Bukti testi yang diberikan berupa screenshot/gambar yang merekam pesan dan kesan dari pembelinya. :) 

16. DP. Down Payment. Ini adalah sistem pembayaran yang tidak langsung dibayar lunas. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk barang dengan sistem pre order.  Kadang membayar dulu 50% atau 80%, atau sesuai kesepakatan/aturan dari penjual. :)

17.  Full payment. Artinya pembayaran penuh, atau LUNAS.

18. No booked system. Artinya, kalau pesan ya langsung dibayar kalau nggak pengen barangnya diambil orang. Nggak ada istilah keep (simpan, dalam artian dipesan). Ini diterapkan sama penjual buat menghindari mereka yang suka hit and run. Duh, ada istilah baru lagi. Apa tuh hit and run?

19. Hit and run. Adalah istilah untuk mereka yang pesan ini itu, janji mau bayar tanggal sekian, eh pas jatuh tempo, ilang ditelen bumi. =)

20. Ongkir/shipping cost. Ongkos kirim. Biaya pengiriman dari tempat penjual ke pembeli. Ini ditanggung sama pembelinya.

21. No afgan. Istilah ini merujuk pada judul lagu Afgan yang berjudul Sadis. Artinya boleh nawar, tapi jangan sadis-sadis.

22. Rekber. Rekber singkatan dari Rekening bersama. Maksudnya ini adalah rekening pihak ke-3 yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Biasanya digunakan untuk transaksi dalam jumlah banyak. Jadi gini. Pembeli akan mentransfer uang ke pemilik rekber, dan pemilik rekber akan mengabari penjual bahwa uang sudah dikirim. Setelah itu, penjual akan mengirimkan barang yang dibeli pada pembeli. Uang baru akan distransfer pada penjual apabila pemilik rekber sudah mendapat kabar bahwa barang sudah sampai.

23. Resi. Resi adalah nomor pengiriman barang yang didapatkan setelah melakukan pengiriman melalui jasa ekspedisi. Ini digunakan untuk melacak posisi barang.

24. COD. Cash on Delivery. Cara pembelian di mana penjual dan pembelinya bisa bertatap muka. Bisa janjian di sebuah tempat, atau penjual anterin ke rumah pembeli. Pembayaran di lakukan saat mereka saling bertemu. Biasanya buat mereka yang ternyata tinggalnya di tempat yang berdekatan. Kalau jauh, ya nggak mungkin lah. Hehehe.

25. ATC. Add to Chart. Ini adalah istilah yang digunakan dalam online shop berbentuk halaman web. Artinya adalah 'masukkan dalam keranjang (pembelian)'.

26. RC. Recommended Seller. Biasanya ada juga yang nyebut recsel/reccsel. Ini adalah sebutan untuk penjual yang direkomendasikan. Biasanya karena mereka adalah seller terpercaya yang sudah dipercayai oleh banyak pelanggan.

27. BT. Temennya TT (Tukar Tambah), adalah singkatan untuk BARTER. Biasanya mereka akan menukarkan barang dengan barang. Hal ini banyak digunakan dalam penjualan kosum second. Misalnya mereka menerima BT dengan kostum yang senilai, atau benda apa saja yang disetujui.

28. UP. Istilah ini merujuk atau digunakan dalam menyundul pos. Coba saja lihat di Kaskus. Banyak deh pos di FJB Kaskus yang mengkomen pos mereka dengan UP UP UP.  Hal ini dilakukan karena pos yang dikomen akan muncul di pemberitaan terbaru. Jadi biar mudah dinotice sama senpai~

29. SFS. Share for Share. Hal ini biasanya terjadi jika ada orang yang bekerjasama dalam promosi. Mereka saling mempromosikan barang atau situs olshop mereka.

30. Ready Supp. Ini artinya barang ready, tapi ada di supplier. Nah, ini biasanya digunakan oleh para reseller.



Yak sekian dulu yang saya bisa ingat. Hm, kalau ada yang lain mungkin nanti ditambahin. Hehehe. Sampai jumpa. ;)

120 komentar:

  1. nah yang mau berjualan onlone dengan cod terluas silahlkan http://all1shoponline.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gue tau ni yee, ga ada sesuatu yang gratis tanpa kerja apalagi nyampe miyar milyar... tipu2 doang...

      logikanya ni yeee, kalo emang gratis 10 M tentu orang jepang ama amrik ga usah repot repot buat
      usaha industri
      ,usaha dagang
      ,kerja kantor
      dll...

      gak usah kerja, ngapain repot2 cukup sowan ke mbah gumalapa gumalapa tu orang jepang amrik.. dah kaya.

      dan orang amrik ga perlu buat MBAH GOOGLE untuk cari cukup sowan si gumalapa gumalapa....

      udah deh tehnik penyesatan pesughan putih atau apapun tu cuma trik tipu2 aja. pesugihan tapi dikasih embel embel putih biar terlihat suci, padahal yang sarang setan dan penyamun yang pasti....

      lebih baik duit 100 ribu hasil kerja dan nyata bisa buat jajan

      dari pada 10 milyarrr tapi cuma angan2, perut loe laperrr



      mana ada ni di logika aja

      JENIS PAKET PESUGIHAN koplak// {sesuai isi website...di situ tertulis.....}
      => PAKET Pesugihan Dalam Jumlah 100jt MAHAR 750 Ribu
      => PAKET Pesugihan Dalam Jumlah 200jt MAHAR 1.2 Juta
      => PAKET Pesugihan Dalam Jumlah 300jt MAHAR 1,7 Juta
      => PAKET Pesugihan Dalam Jumlah 400jt MAHAR 2.2 Juta
      => PAKET Pesugihan Dalam Jumlah 500jt MAHAR 2,5 Juta
      => PAKET pesugihan Dalam Jumlah 700jt MAHAR 3 Juta
      => PAKET 1 Milliar MAHAR 4 juta
      => PAKET 3 Milliar MAHAR 6 juta
      => PAKET 5 Milliar MAHAR anda Tawarkan 9 Juta
      => PAKET 10 Milliar MAHAR anda Tawarkan 14 Juta

      yahahaha... JIKA ada 2000 orang{SKALA PENDUDUK 5 DESA},tiap gundul punya duit/bisa nyari duit 14juta, maka berarti MARI KITA main matematika jaman SD,,

      14 juta RUPIAH X 2000 ORANG = 28.000.000.000

      =>karena PAKET 10 Milliar,dengan MAHAR anda Tawarkan 14 Juta

      maka 28.000.000.000x 10 milyar= { kira kira berapa ya.........} hasilnya = 392.000.000.000.000.000.000
      kita lihat
      1 trilyun adalah 1.000 miliar = 1.000. 000.000.000
      berarti ada 392.000.000 trilyun.......[WAWW.... {UTANG INDONESIA AJA CUMA 4 RIBU TRILYUN] BISA LUNAS DONK UTANG INDONESIA KALO TIBA TIBA MUNCUL DUIT/BISA NYETAK DUIT KERTAS 392.000.000 trilyun

      HAHAHA YANG ADA MALAH inflasi bossss....hadweeeewhhhhhh

      LOGIS GAK TUH ADA DUKUN GITU, BISA NGASIH DUIT MELEBIHI PENDAPATAN C.RONALDO ATAU LIONEL MESSI YANG HARUS JUNGKIR BALIK KELILING LAPANGAN BOLA AMPE BERTAUN TAUN ,DONK,,,
      ,
      YA SILAHKAN SAYA CUMA MEMBERI PANDANGAN BROOO..... JANGAN MARAH YA/// ORANG MARAH ITU TANDANYA BODOH//

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Saya demen sama ulasan di atas saya.
      :D
      Mantafff

      Delete
    4. Keren gan... mantap abis... biar terang tuh pemikiran orang2 yg percaya sperti itu.

      Delete
    5. yes orang yg kaya gtu tuh yg ga pke logika dan bodoh...mo aja di peralat sama dukun...udah musyrik. mending klu dukunya ga cabul hahahahahhahahahaha..😂

      Delete
    6. Yaelah, nama nya pesugihan ya butuh tumbal pastinya. Pakek embel embel gak ada tumbal. Ada embel putih nya kayak suci gitu. Tapi nyatanya itu musrik. Aku setuju tuh sama kak Ani Widi. Itu logika loh. Kalo emang bisa , kenapa hutang Indonesia gak dibayarin ?

      Delete
  2. nice post , membantu banget, thankss :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. tukar tambah

      Delete
    2. Bisa juga Telegraphic Transfer atau Transfer Tunai

      Delete
    3. Bisa juga Telegraphic Transfer atau Transfer Tunai

      Delete
  4. Mnk mw tanyak.. gmna klo bhn po lum ready jg.. tpi pmbeli mintk uangnya dibalikin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bikin ketentuan dulu sebelum buka lapak biar buyer gak bisa seenaknya minta pulangin duitnya

      Delete
  5. Replies
    1. Add to chart. Tambah barang ke keranjang belanja

      Delete
    2. Salah admin. Chart itu artinya grafik. Gimana sih haha. Yg betul Add to Cart -> tambah ke keranjang.

      Delete
    3. iya kalo chart itu grafik, harusnya cart (keranjang)

      Delete
  6. Bagaiman jika di dalam sistem PO, untuk barang yang dipesan customer yang sudah bayar, saat kita belanja stock barangnya sudah habis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dual alternatif pilihan.
      1. Refund (pengembalian Dana). Jadi uangnya dikembalikan.
      2. Pengalihan Dana. Mungkin cust mau barang lain, jadi bisa pakai uang itu.

      Delete
    2. Klo pengertian "up" sendiri tu apa??

      Delete
    3. Untuk naikin post (biasanya di FB) supaya postingannya gak tenggelam oleh postingan yg lain. Kadang juga di gunaamin buat org yg ingin ninggalin jejak nunggu ada duit baru beli. Supaya gak kehilangan itu post. Mungkin sperti itu. Wkwkwk

      Delete
  7. Bagaimana jika jumlah PO tidak mencapai target? Harus tetap diproses atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu terserah saja. Kalau memang dilanjutkan kiranya masih untung dan nggak rugi, boleh saja dilanjut. Taping kalau nggak memungkinkan dan malah dapat rugi, jangan. Bisa diperpanjang POnya untuk mencapai kuota atau refund dana.

      Delete
  8. arti keep dalam sfs apa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keep artinya jam tayang sfs tersebut. keep 3jam, berarti sfs akan dihapus setelah 3jam

      Delete
  9. Thxs...
    Nambah info.
    Silahkan mampir sista di blog aku ya

    ReplyDelete
  10. Thxs...
    Nambah info.
    Silahkan mampir sista di blog aku ya

    ReplyDelete
  11. kalo istilah bn dan pl apa?

    ReplyDelete
  12. ATC = ADD TO CART ( MENAMBAHKAN / MEMBELI BARANG UNTUK DI MASUKKAN KEDALAM KERANJANG ) :)

    ReplyDelete
  13. kalo ready supp itu apa..?

    ReplyDelete
  14. sist jd lebih menguntungkan jd reseller atau dropshiper ya??
    masih awam nih, sy pengen nyoba buka oll shop ^^

    ReplyDelete
  15. Ada lagi nih, TT dan BT.
    Kalau TT = Tukar Tambah
    Lhah kalau BT apaan ???

    ReplyDelete
  16. Recsell tuh apa artinya.

    ReplyDelete
  17. Free shipping sama ffree delivery bedanya apa ya ?

    ReplyDelete
  18. Kak kalo seller nya suruh gini" Boleh foto sama barangnya dipake?sm testi dong hehe" jadi kita haru foto sma barang terus share di ig?? Aku ga ngerti tolonh penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu anda di suruh selfie dgn memakai atau membawa barang yg anda beli dr olshop itu...utk di buat testi...artinya=testimoni adalah spy para customer tahu kalau olshop tmpt anda beli itu amanah krn mmg bnar" barang smpai ke tangan anda

      Delete
    2. Itu anda di suruh selfie dgn memakai atau membawa barang yg anda beli dr olshop itu...utk di buat testi...artinya=testimoni adalah spy para customer tahu kalau olshop tmpt anda beli itu amanah krn mmg bnar" barang smpai ke tangan anda

      Delete
  19. Numpang promo ya :) buat yang cari baju2 anak yang murah tp ga murahan..yuuukk cek fan page facebook kita di : bajubayidananaklucumurahmeriah ..dijamin ketagihan blanja ^^

    ReplyDelete
  20. gan.. saya ada liat dulu, waktu saya beli kalung di sebuah toko online.. disitu ada tertulis " material : Sandstone, which is synthetic "
    Maksudnya apa ya?? apa berarti bahannya hanya bahan sintetis/tidak asli?? tolong pencerahannya gan... thanks..

    ReplyDelete
  21. Thanks,, Sangat membantu untuk pemula seperti saya. . . (-_^)

    ReplyDelete
  22. PL of new # pertanyaanya PL apa?

    ReplyDelete
  23. Cara menjadi Reseller dropship di http://bajuibuhamilmenyusui.com/

    Mendaftar melalui CS kami Di wa : 0896 3886 4774 atau pin bb : 59D2E7CF
    Pendaftar di sertai nama, alamat yang lengkap + foto ID yang masih berlaku


    ** penyertaan ID berguna untuk kebenaran Reseller menjual produknya kepada costamer

    Adakah Syarat lain???

    tanpa syarat lain atau deposit spt di tempat lain.
    tanpa syarat penjualan spt d olshop lain.

    Bagaimana dengan harga jualnya??

    - ResellerDropship mendapatkan harga selisih dibanding harga jual costamer. berikut skema nya :

    penjualan 3-6 pcs/minggu selisih harga 5.000 dari harga jual produk
    penjualan 6-12 pcs/minggu selisih harga 10.000 dari harga jual produk
    penjualan di atas 12 pcs/minggu selisih harga 20.000 dari harga jual produk

    ** Reseller dropship wajib menjual produk min 1 pcs/ minggu

    Apa Reseller bisa meresellerkan lagi produknya ??

    - Bisa.. info lebih lanjut hububungi Costamer Service kami : sms/wa : 0896 3886 4774
    pin bb : 59D2E7CF

    ReplyDelete
  24. Hanpir sebagian tau
    Sebagian lagu belum tau
    Nice info

    ReplyDelete
  25. Membantu banget...
    Jadi tambah ilmu...

    ReplyDelete
  26. Saya masih bingung dengan kalimat up harga kembali. Tolong dong penjelasannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. PL = price list : daftar harga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ada barang new, ada barang pl, kalo barang pl artinya apa ya?

      Delete
    2. Kan ada barang new, ada barang pl, kalo barang pl artinya apa ya?

      Delete
  28. Kalo barang new artinya kan barang baru, kalo PL artinya apa ya?

    ReplyDelete
  29. Kalo barang new artinya kan barang baru, kalo PL artinya apa ya?

    ReplyDelete
  30. Ready for collection artinya opo mas

    ReplyDelete
  31. Ready for collection artinya opo mas

    ReplyDelete
  32. Pre Loved (pernah disayangi)

    ReplyDelete
  33. kalo misalnya kita pake dropship nih kak, trus kita udah bilang kalo ini ready ke pembeli kita, eh ternyata pas kita pesen ke seller nya udah sold out, gimana ya? kan gak enak kalo udah bilang ready soalnya kan si pembeli jg gatau kita make sistem dropship

    ReplyDelete
  34. kalo misalnya kita pake dropship nih kak, trus kita udah bilang kalo ini ready ke pembeli kita, eh ternyata pas kita pesen ke seller nya udah sold out, gimana ya? kan gak enak kalo udah bilang ready soalnya kan si pembeli jg gatau kita make sistem dropship

    ReplyDelete
  35. kalo misalnya kita pake dropship nih kak, trus kita udah bilang kalo ini ready ke pembeli kita, eh ternyata pas kita pesen ke seller nya udah sold out, gimana ya? kan gak enak kalo udah bilang ready soalnya kan si pembeli jg gatau kita make sistem dropship

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bntu jawab ya. Sebaiknya konfirmasi dlu ke seller nya, masih ready atau egak. Nah setelah itu km bisa bilang ke customer mu

      Delete

  36. PROMO AKSESORIS 7HARI UNTUK PENDAFTAR PERTAMA YANG MENGISI KOLOM KUPON AKSESORIS DENGAN CODE: VO89899GH
    GAMPANG BANGET BOSKU GABUNG SAJA DI GAME ONLINE TERBARU KAMI DI INDOMONOPOLY.COM KOMISI REFERRAL 50%
    DENGAN MINIMAL DEPOSIT 20.000 IDR ANDA SUDAH BISA BERMAIN DAN MENANGKAN PULUHAN JUTA RUPIAH DARI KAMI.
    UNTUK MINIMAL WITHDRAW 50.000 IDR DIJAMIN 100% PLAYER VS PLAYER.. NO BOT, NO ADMIN, NO PENIPUAN BOLEH DI CEK.
    BERMINAT? BISA LANGSUNG HUBUNGI LIVE CHAT KAMI SETIA MELAYANI ANDA 24JAM.
    1.KUNJUNGI WEB KAMI : http://bit.ly/1QULFBI

    2.BBM Pin : 5649B320

    3.contact us : LINE : hermilyrostan

    4.cara bermain game INDOMONOPOLY di pc http://bit.ly/1R1fOPQ

    5.petunjuk unduh game INDOMONOPOLY di android http://bit.ly/1SoikP4

    6.TERSEDIA JUGA DI PLAYSTORE KHUSUS DI ANDROID ANDA http://bit.ly/22ESOcV

    7.cara daftar userid di INDOMONOPOLY http://bit.ly/1mldTZz

    8.Tutorial cara bermain dan sistem potongan pada permain : http://bit.ly/1RFLt4X

    ReplyDelete
  37. Kada larang larang pang..ujar urang banjar

    ReplyDelete
  38. jas pria ,lengkap, www.gaarafashion.com

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. ATC adalah Add To Cart (not Chart)

    ReplyDelete
  41. Postingannya cukup detail. Sangat membantu untuk memahami.
    Teruslah berposting, salam blogger! ^^
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  42. NUMPANG PROMO YAH BOSKU..

    SUDAHKAH ANDA MENDAPATKAN GAME INDONESIA TERBARU, TERBAIK, TERPOPULER & MENARIK??

    JIKA MASIH SAJA BELUM MENDAPATKAN GAME INDONESIA TERBARU, TERBAIK, TERPOPULER & MENARIK??

    BURUAN YUK GABUNG SEKARANG JUGA BERSAMA KAMI DI INDOMONOPOLY.COM

    -DEPOSIT 20.000

    -WITHDRAW 50.000

    -REFERRAL 50% + ACCESSORIES 7HARI (syarat ketentuan berlaku)

    UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI TEAM LIVECHAT KAMI YANG RAMAH UNTUK MELAYANI ANDA

    website : http://bit.ly/2c8G2QW

    fans page facebook : http://bit.ly/2ckBw1t

    BBM Pin : 5649B320

    Line : hermilyrostan

    ReplyDelete
  43. menjadi reseller online adalah pilihan yang bagus. namun kita juga harus mempertimbangkan produk apa yang ingin kita jual. rekomendasi saya adalah menjadi reseller untuk produk2 fashion pria, dan terbukti menghasilkan jutaan rupiah tiap bulan

    ReplyDelete
  44. Masih blm ngwrti istilah
    "Up" ..
    Gimana seh.
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini mas bro, istilah UP itu artinya naik. Kalo situ jualan di group facebook,postingan yang udh lama ga ada yg komen kan tenggelam ke bawah. Nah buat naikin lg ke atas otomatis harus ada yg komen. Nah kita komen sendiri di lapaknkuta buat naikin postingan kita dengan ketik UP

      Delete
    2. Sebenarnya bahasa UP atau sundul saya tau sih dulu diFJB kaskus buat naikin postingan kita ke depan

      Delete
  45. woah,,,
    keren banget,,
    membantu sangat,,
    thanks udah sharing yaaa,,,

    *kapan senpai mau notice kohai naa* :"3

    ReplyDelete
  46. kalau tube apa artinya?

    ReplyDelete
  47. Misal di tanya cek tf sama atas nama siapa ?maksutnya apa ya nomer pengiriman atau apa,mohon bantuanya

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. kalau ada yang nulis dibio "payment via bca" artinya kita ga bisa bayar lewat atm lain ya?

    ReplyDelete
  50. Online shopping has many benefits. There are many discount offers available for online shopping
    and it saves a lot of time also. I always prefer to buy things online instead of going to the market.

    ReplyDelete
  51. Kalau DO tu pa y maksudnya

    ReplyDelete
  52. Kalau DO tu pa y maksudnya

    ReplyDelete
  53. nice !
    olshop murah, free ongkir
    https://shopee.co.id/stefinna03

    ReplyDelete
  54. nice !
    olshop murah, free ongkir
    https://shopee.co.id/stefinna03

    ReplyDelete
  55. Numpang promo sist.
    Yang lg cari sanitary / asesoris kamar mandi yg bagus murah berkualitas, monggo mampir ke toped ane gan...
    https://www.tokopedia.com/tokosamuderajaya?utm_source=Copy&utm_campaign=Shop&utm_medium=Android%20Share%20Button

    ReplyDelete
  56. Numpang promo sist.
    Yang lg cari sanitary / asesoris kamar mandi yg bagus murah berkualitas, monggo mampir ke toped ane gan...
    https://www.tokopedia.com/tokosamuderajaya?utm_source=Copy&utm_campaign=Shop&utm_medium=Android%20Share%20Button

    ReplyDelete
  57. Numpang promo sist.
    Yang lg cari sanitary / asesoris kamar mandi yg bagus murah berkualitas, monggo mampir ke toped ane gan...
    https://www.tokopedia.com/tokosamuderajaya?utm_source=Copy&utm_campaign=Shop&utm_medium=Android%20Share%20Button

    ReplyDelete
  58. ATC itu Add to Cart.
    Bukan Add to Chart.
    Cart: Gerobak/Keranjang
    Chart: Grafik/Skema

    ReplyDelete
  59. Terima kasih sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  60. Terima kasih sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  61. terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2P5Wu53

    ReplyDelete
  62. Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUND
    Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

    Salam dari Perancis

    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka

    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00

    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baik
    Saya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUNDdan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman

    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.

    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online

    Gmail saya
    Andy Muhammad Dwi
    andymuhammad.dwi@gmail.com

    Tambahkan ne di Google Hangout

    Tetap Perpesona

    ReplyDelete
  63. Kalo firsthand apa?

    ReplyDelete

Budayakan berkomentar yang baik :)

© Life is . . ., AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena